Minggu, 01 April 2012

CARTEL - CETERIS PARIBUS


M. CARTEL (KARTEL)
Adalah persetujuan antara satu atau lebih perusahaan dalam industri yang sama untuk bekerjasama dalam memperbaiki harga atau memotong pasar dan membatasi jumlah dari hasil yang diproduksi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keuntungan dengan mmengurangi persaingan.

N. CATCH UP EFFECT
Catch up effect disebut juga sebagai teori konvergensi, posisi ekonomi miskin cenderung tumbuh pada tingkat yang lebih cepat daripada ekonomi yang lebih kaya. Oleh karena itu ekonomi dalam jangka panjang harus menyatu dari segi pendapatan per kapita dan produktivitas. Negara-negara berkembang memiliki potensi untuk tumbuh pada tingkat yang lebih cepat daripada negara-negara maju seperti  mereka dapat melipat gandakan metode produksi, teknologi dan lembaga-lembaga yang saat ini digunakan di negara-negara maju.
Ekonomi di negara miskin justru jauh lebih berkembang dari pada di negara maju. Hasilnya adalah pendapatan nasional dari negara miskin biasanya lebih besar dari pendapatan nasional negara maju. Tekhnologi baru mungkin membantu negara berkembang untuk memajukan negara. Meningkatkan jumlah modal dengan jumlah modal yang sedikit tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar dalam suatu produksi. Sedangkan negara dengan jumlah modal yang banyak, sudah cukup menikmati keuntungan yang tidak begitu besar. Mungkin ini bisa menjelaskan perkembangan yang begitu cepat yang terjadi di Jepang dan Jerman, dibandingkan dengan Amerika atau Inggris

O. CENTRAL BANK (BANK PUSAT)
Bank sentral adalah sebuah lembaga keuangan yang terdiri dari beberapa fungsi yang berbeda, hal yang paling penting adalah bagaimana mengelola kebijakan moneter sebuah negara. Bank sentral menetapkan suku bunga jangka pendek dan mengawasi kesehatan sistem keuangan yang termasuk sebagai pemberi pinjaman dari pilihan terakhir untuk bank-bank komersial yang mengalami kesulitan keuangan

P. CETERIS PARIBUS
Mempunyai arti dengan semua faktor lain atau sesuatu yang hampir sama. Hal lain yang mungkin hampir sama. Ekonomi menggunakan frase latin, misalnya, mereka mungkin mengatakan lebih yang tinggi yang suku bunga akan mengakibatkan lebih rendah inflasi ceteris paribus, yang berarti bahwa mereka akan berdiri dengan prediksi mereka tentang inflasi hanya jika tidak ada yang lain perubahan selain kenaikan bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar